Apa Itu Social Media Marketing (SMM) dan Bagaimana Memulainya?

Pada masa kini penyebaran dari media sosial sudah mulai begitu luas. Berbagai komunitas dan kelompok usia memiliki media sosial sendiri dan semua orang menggunakannya setiap hari. Menggunakan alat ini untuk melakukan pemasaran jelas merupakan ide yang bagus. Segala macam kegiatan yang dilakukan untuk memasarkan sesuatu melalui media ini disebut dengan Social Media Marketing atau disingkat dengan SMM. Pemasaran dapat dilakukan dengan beragam cara. Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan melalui platform media sosial ini juga masih disebut dengan konten. Oleh karena itu sistem pemasaran ini masih tetap disebut sebagai sistem pemasaran digital.

Cara Memulai Social Media Marketing dengan Benar

Media digital sejatinya dibuat karena setiap orang pada saat ini sudah menyadari pentingya penyebaran informasi meluas untuk kehidupan mereka. Teknologi informasi ini berpacu untuk menang dalam pertarungan menyediakan informasi yang tepat dan jelas pada para pengguna media digital. Walaupun demikian unsur utama dari informasi adalah kredibilitas. Oleh karena itu untuk membuat pemasaran yang paling baik dalam sosial media atau bahkan media digital apapun seseorang harus menggali segala macam data yang kredibel mengenai berbagai aspek dari hal yang akan mereka kerjakan. Media sosial sendiri merupakan sebuah aspek yang dikaji dengan luas dan ada banyak data mengenai media ini yang sangat menarik.

Sebagai pengusaha menjual produk adalah yang utama. Untuk menjual sebuah produk pengusaha harus paham sasaran dari produk tersebut dan cara terbaik untuk menarik pelanggan. Dari informasi mengenai media sosial dan produk seseorang dapat memilih dengan baik jenis media sosial yang akan mereka gunakan untuk melakukan pemasaran. Ini adalah langkah pertama yang akan dilakukan pada saat memulai SMM dengan cara yang benar. Setelah langkah tersebut selesai buat akun dalam media sosial yang akan dijadikan sasaran dan mulai hasilkan konten rutin untuk mengisi media tersebut. Gunakan juga fasilitas iklan yang ada dalam media sosial jika tersedia. Gunakan segala macam fasilitas yang disediakan oleh media sosial atau jasa dari berbagai perusahaan digital marketing indonesia untuk membuat pemasaran dan konten menjadi lebih baik.

Beberapa Strategi yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan SMM

Strategi yang paling penting adalah user generated content. Hasil dari penjualan produk yang baik tentunya adalah kepuasan. Kebudayaan baru pemakai media digital adalah memberikan komentar untuk segala hal termasuk produk yang mereka beli. Pengusaha harus memastikan produk yang mereka jual adalah produk yang bermutu dan terjaga kualitasnya. Layanan lain juga harus diperhatikan agar dapat dijalankan dengan baik dan memuaskan pelanggan. Ini adalah syarat utama untuk mendapatkan komentar positif dan meningkatkan kepercayaan terhadap brand. Kebanyakan orang yang ingin membeli sesuatu merasa wajib untuk melihat komentar mengenai produk tersebut agar mereka dapat mengambil keputusan membeli atau tidak.

Strategi lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah giveaway dan diskon. Gratisan dan diskon adalah sesuatu yang selalu menarik bagi setiap orang terutama di Indonesia. Pengusaha memanfaatkan hal in dan membuat orang-orang tersebut memberikan komentar, like, hashtag dan mention untuk produk yang ditawarkan. Cara ini sangat efektif untuk memperluas exposure brand dan meningkatkan kesadaran terhadap keberadaan produk. Menawarkan hal baru pada pelanggan adalah cara lain yang bisa digunakan. Pengusaha tidak harus berfokus pada pelanggan baru pelanggan lama juga dapat digaet kembali untuk membeli produk baru atau produk yang sudah mereka beli dengan menawarkan hal baru atau memberikan perbaikan sebagai respon keluhan pelanggan terhadap produk yang telah mereka dapatkan.