Inilah Penjelasan Lengkap dari Arti Bunga Hydrangea

Salah satu jenis tanaman bunga yang begitu popular dan disukai oleh masyarakat luas adalah Bunga Hydrangea. Bunga ini memiliki bentuk yang terbilang besar dengan rupa seperti sanggul tetapi dengan berbagai warna yang begitu memikat siapa saja yang memandangnya, mulai dari warna pink, ungu, putih, dan juga unggu. Menariknya warna dari Bunga Hydrangea ini bisa berbeda-beda dan akan tergantung dengan tanah tempatnya tumbuh karena  tingkat keasaman atau pH dalam tanah yang berbeda. Perlu Anda ketahui bila Bunga Hydrangea ini memiliki banyak nama berbeda di beberapa negara. Di Indonesia bunganya dikenal sebagai Bunga Hydrangea, di Jepang dikenal dengan Ajisai, di Melayu dikenal sebgai Bunga Tiga Bulan, dan nama lainnya dikenal pula sebagai bunga masamba, bunga hotensia dan juga kembang bokor. Bunga ini bisa dilihat dan didapatkan di Karangan Bunga Medan sekarnag juga. Nah, tentu saja Bunga Hydrangea ini memiliki arti tertentu yang harus diperhatikan agar tidak salah memberikan bunga tersebut kepada orang lain yang berdasarkan atas pesan yang mau diberikan.

Arti Etimologis dan Simbolik Bunga Hydrangea

Berikut adalah penjelasan dari arti etimonologi sekaligus simbolik dari Bunga Hydrangea yang harus Anda ketahui:

  1. Secara etimologis, Bunga Hydrangea ini berasal dari bahasa yunani yang merupakan gabungan dari dua kata yakni hydor dan juga angos. Hydor berarti air sedangkan angos artinya adalah jar atau kapal. Maka secara etimologis Bunga Hydrangea ini berarti sebagai tempat air. Pemberian namanya ini berdasarkan atas temanam ini yang membutuhkan tempat yang tumbuh yang punya banyak air. Selain itu bentuknya yang mirip seperti canggir pun menjadi sumber pemberaian namanya.
  2. Berdasarkan dari legenda yang ada di Jepang, Bunga Hydrangea ini memiliki arti sebagai permintaan maaf yang dilakukan oleh seorang kaisar Jepang kepada wanita tercintanya. Permintaan maaf ini dikarenakan Kaisar tersebut yang sibuk akan urusan negara yang ada sehingga ia menjadi mengabaikan keberadaan dari wanit yang sudah dicintainya tersebut. Oleh karen aitulah Bunga Hydrangea ini bisa diartikan sebagai ungkapan perasaan tulus, rasa syukur dan pengertian.
  3. Beberapa sumber juga mengatakan bahwa Bunga Hydrangea ini juga berarti sebagai kesombongan. Hal ini didasarkan karena bunga ini yang memiliki jumlah melimpah pada bunganya dan terlihat mewah tetapi jumlah bijinya sedikit.
  4. Bunga Bunga Hydrangea ini juga bisa diartikan sebagai penolakan akan suatu hal. Misalnya untuk penolakan akan cinta.

Arti Bunga Hydrangea Berdasarkan Warnanya

Arti dari Bunga Hydrangea ini juga bisa dilihat dari warnanya. Penjelasan soal arti bunga tersebut yang didasarkan atas warnanya adalah sebagai berikut:

  1. Bunga Hydrangea Merah Muda

Bunga yang satu ini memiliki arti cinta dan penikahan. Bunga ini dikenal dengan makanya yang perasaan cinta sesungguhnya yang dimiliki seseorang. Pasalnya memang Bunga Hydrangea ini diibaratkan bentuknya maupun warnanya yang seperti jantung yang sedang berdetak.

  1. Bunga Hydrangea Biru

Untuk Bunga Hydrangea biru ini artinya adalah permintaan maaf. Selain itu untuk melambangkan hati seseorang yang dingin, penyesalan ataupun penolakan akan lamaran pun juga bisa mempergunakan Bunga Hydrangea biru tersebut.

  1. Bunga Hydrangea Putih

Ada dua jenis arti dari Bunga Hydrangea yang memiliki warna putih. Versi pertama bunga ini mampu menunjukan kesucian tetapi juga bisa melambangkan akan kesombongan diri.

  1. Bunga Hydrangea Unggu

Satu lagi arti dari Bunga Hydrangea berdasarkan warn yang harus diketahui. Warna tersebut adalah warna unggu yang artinya adalah kekayaan, kelimpahan, dan juga keinginan sesorang untuk bisa lebih memahami orang lain secara lebih dalam.