Asal usul minyak bumi

Minyak bumi merupakan kekayaan alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia, karena hampir sebagian besar energy yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan manusia sehari-hari membutuhkan minyak bumi misalnya saja bensin dan bahan bakar lainnya. Sejak zaman revolusi industri banyak alat-alat industri yang menggunakan bahan dasar minyak bumi sehingga perkembangan peradaban manusia menjadi semakin pesat dan modern seperti sekarang ini.

Minyak bumi sendiri berasal dari pelapukan sisa-sisa organisme yang tertimbun di dasar bumi sejak jaman dahulu sehingga minyak bumi juga sering disebut juga dengan minyak fosil. Minyak bumi merupakan energi tak terbarukan yang artinya bisa habis jika dipakai terus menerus, sehingga bisa jadi suatu saat nanti minyak bumi bisa habis dan sebisa mungkin manusia harus mulai mencari energi pengganti minyak bumi agar tidak ketergantungan dengan minyak bumi ini.

Hal ini dikarenakan proses fosil menjadi minyak bumi tidaklah mudah dan tidak singkat, bahkan bisa diperkirakan membutuhkan waktu hingga ratusan tahun. Bisa jadi minyak bumi yang kita gunakan sekarang ini adalah hasil pelapukan dari fosil-fosil hewan purba yang telah punah pada zaman dahulu kala.

Tidak semua tempat di bumi ini mengandung minyak bumi, biasanya hanya tempat-tempat tertentu saja yang memiliki kandungan minyak bumi dan dieksplorasi menjadi tempat pertambangan minyak bumi untuk diambil minyak buminya.