Beberapa Jenis Baju Adat Sunda

Jawa Barat terkenal dengan budaya Sunda yang memiliki logat dan bahasa yang cukup sering didengarkan. Tak hanya bahasa Sunda saja yang menarik tentang Jawa Barat, baju adat yang ada di  Jawa Barat pun patut diperhatikan. Baju adat di provinsi Jawa Barat ini memang memiliki beberapa kesamaan dengan yang ada di Jawa Tengah serta Jawa Timur. Namun, salah satu yang menjadi kekhasan adalah adanya perbedaan berdasarkan status sosial.

Yang pertama adalah kebaya. Kebaya yang di Jawa Barat memang relatif mirip dengan kebaya yang ada di provinsi Jawa lainnya. Hanya saja, warna yang digunakan adalah warna-warna cerah. Lalu, kebaya ini digunakan untuk kaum menengah dan biasa, dengan beberapa aksesoris tambahan. Untuk laki-laki, ada pangsi. Ini merupakan baju adat untuk rakyat biasa, dan biasanya memiliki warna hitam polos. Lalu, ada baju bedahan untuk pasangan di kaum menengah. Bedahan ini terlihat seperti kebaya dengan selendang. Untuk pria, bajunya menyerupai jas dan kain batik untuk bawahannya. Pria dan wanita juga akan dilengkapi dengan aksesoris yang membuat baju bdahan bedahan menjadi terlihat jauh lebih menarik.

Di kalangan bangsawan, ada baju menak. Baju menak untuk pria berbahan kain beludru, dan ada tambahan kain emas. Ini merupakan baju dengan lengan panjang, dan ada celana panjang yang akan ditambahi dengan jarit yang dililitkan. Untuk wanita, bajunya juga berwarna hitam dengan model menyerupai kebaya. Bahannya juga beludru dan ada jarit yang digunakan sebagai bawahannya. Untuk wanita, ada aksesoris tambahan yang dikenakan.