Berbagai Cara Mengatasi Mata Kelilipan

 

Sebagian dari Anda pasti pernah mengalami mata kelilipan. Saat mengalami mata kelilipan pastinya sangat menjengkelkan. Meskipun merupakan hal yang sepele, namun mata kelilipan ini dapat membuat mata menjadi pedih. Maka dari itu, jika Anda mengalami mata kelilipan maka segaralah mungkin mengatasinya.

Untuk mengatasi mata kelilipan jangan sekali-kali Anda menguceknya dengan menggunakan tangan. Sebab, dikhawatirkan dapat memperburuknya. Terdapat berbagai cara mengatasi mata kelilipan, namun sebelum Anda melakukan cara-cara tersebut, terlebih dahulu mencuci bersih tangan Anda. Berikut ini cara mengatasi mata kelilipan yang dapat Anda lakukan

  • Mengedipkan mata berulang kali

Cobalah untuk mengedipkan mata secara cepat berulang kali ketika kelilipan. Dengan berkedip dapat menggeser posisi benda yang masuk ke mata dan membuatnya ke luaru.

  • Mengaliri mata dengan air bersih

Aliri atau percikkan air bersih ke mata. Aliran air yang sampai ke mata ini akan mendorong benda yang masuk ke mata  keluar dari permukaan bola mata.

  • Menarik kelopak mata

Apabila benda tersebut menempel di kelopak mata bagian atas, Anda bisa mengeluarkannya dengan menarik kelopak mata ke arah bawah lalu melepasnya perlahan. Saat kelopak mata kembali ke posisi semula, benda penyebab kelilipan akan terdorong keluar dan matapun bisa kembali terasa nyaman.

  • Menggunakan kapas basah

Cara ini biasanya dilakukan apabila benda tersebut menempel di kelopak mata bagian bawah. Untuk melakukannya, tarik perlahan kelopak mata bagian bawah hingga terlihat bagian dalamnya yang berwarna merah muda. Lalu , tempelkan gulungan kapas kecil yang sudah dicelupkan ke air bersih terlebih dahulu ke benda asing di area tersebut.