Bingung Masak Apa Hari Ini ? Coba Cara Memasak Kepiting Saus Tiram Berikut!

Ingin memasak yang spesial untuk keluarga tapi bingung menu apa ? Olahan kepiting bisa menjadi pilihannya, terlebih jika anda sekeluarga merupakan pecinta seafood. Mengolah kepiting ini sebenarnya bisa dilakukan siapa saja, termasuk menu kepiting saus tiram. Berikut cara memasak kepiting saus tiram beserta resepnya.

Resep Kepiting Saus Tiram

Bahan bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat kepiting saus tiram yaitu kepiting bakau segar ½ kg atau kurang lebih 2 ekor sedang, bawang bombay 1 buah yang diiris melintang, bawang putih 4 siung yang dihaluskan, 1 ruas jahe (memarkan), dan daun bawang 1 batang yang sudah dipotong potong.

Anda juga bisa menambahkan beberapa buah cabai rawit sesuai selera untuk mendapat rasa pedas. Untuk bahan sausnya, anda hanya perlu menyiapkan 3 sdm saus tiram, 2 sdm kecap manis, 2 sdm saus sambal, ½ sdt merica, ½ sdt gula, 1 sdt garam, 1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan air, 1 sdm margarin untuk menumis, serta 1 gelas air.

Cara Menyajikan Kepiting Saus Tiram

Dalam menyiapkan menu satu ini, yang pertama harus dilakukan adalah membersihkan kepiting dan melepasnya dari cangkang. Belah kepiting menjadi 2 bagian dan rebus hingga warnanya berubah merah. Angkat, tiriskan, lalu sisihkan untuk sementara. Kemudian panaskan margarin untuk menumis bawang putih, bawang bombay, juga jahe.

Masukkan semua bahan saus dan tambahkan air. Masak hingga mendidih dan masukkan kepiting yang sudah direbus. Masukkan larutan maizena dan juga daun bawang untuk sentuhan terakhir. Masak hingga bumbu meresap, lalu angkat dan kepiting saus tiram siap dihidangkan.

Sebelum mengolah kepiting seperti di atas, pastikan anda telah membersihkan cangkang kepiting dengan baik. Gunakan sikat dapur kecil agar lebih mudah. Selain itu, estimasi waktu merebus kepiting sebaiknya jangan terlalu lama. Cukup sekitar 7 hingga 10 menit, agar daging kepiting tetap lembut.