Ciptakan Mitra, Ini Cara Kerjasama dengan Alfamidi

Alfamidi sebagai jaringan toko ritel besar di Indonesia memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk dapat bergabung dan bekerja sama. Keuntungan bekerja sama dengan Alfamidi salah satunya adalah segala kebutuhan konsumen.

Tujuan gerai ini adalah memudahkan konsumen yang biasa belanja bulanan untuk dapat berbelanja setiap minggu dengan lebih hemat.

Sebagai toko ritel, Alfamidi tidak hanya menjual kebutuhan pokok yang berbentuk kering saja, tetapi juga bahan pangan segar, misalnya buah, sayur, dan makanan olahan. Karakterisitknya kecil, tetapi lebih besar dari minimarket dan lebih kecil dari supermarket. Sejak 2010, Alfamidi mulai melakukan bisnis dengan konsep waralaba.

Cara Kerjasama dengan Alfamidi

Konsep kerja sama Alfamidi termasuk kriteria fast moving consumer goods. Sebagai ritel yang dekat dengan masyarakat, perusahaan yang menaunginya mulai fokus pada calon mitra mereka. Untuk dapat bekerja sama dengan Alfamidi, ketahui syarat-syaratnya berikut ini.

  1. Warga Negara Indonesia

Alfamidi sebagai salah satu ritel yang berkembang pesat di Indonesia memberikan peluang untuk bekerja sama. Syarat utama untuk dapat memiliki waralabanya adalah Anda harus merupakan warga negara Indonesia.

Untuk itu, Anda harus menunjukkan kartu tanda penduduk (KTP) resmi yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

  1. Investasi

Sebagai pengembangan waralaba, maka untuk dapat memiliki gerai Alfamidi ini, Anda harus berinvestasi. Investasi ini di luar dari properti (bangunan dan tanah), renovasi, dan perizinan. Besarnya yaitu sekitar Rp750 juta hingga Rp950 juta.

Jumlah investasi tersebut nantinya sudah termasuk franchise fee sebesar Rp75 juta, perlengkapan toko standar, dan sarana pendukung kegiatan saat pembukaannya. Biaya tersebut juga termasuk kalender promo selama 10 tahun. Untuk promo mingguan, Anda dapat mengetahuinya melalui hargacampur.com.

Selain mengeluarkan investasi awal, setiap bulannya, mitra juga diwajibkan untuk membayar biaya administrasi sebesar Rp1 juta per bulan. Karena isi toko mendapat fasilitas dari perusahaan, maka mitra juga harus mengeluarkan biaya distribusi. Besarnya yaitu 2% dari harga pokok pembelian (HPP).

  1. Telah Memiliki Tempat

Untuk dapat membuka gerai Alfamidi, perusahaan menyarankan bahwa calon mitra telah memiliki tempat. Sebaiknya tempat tersebut adalah miliki pribadi. Hal ini untuk mencegah adanya konflik saat perpanjangan sewa bangunan.

Selain itu, perjanjian dengan mitra sedikitnya adalah 10 tahun. Selanjutnya, pihak perusahaan akan melakukan survei dan pemetaan terkait peluang tempat usaha tersebut.

Hal lain yang perlu disiapkan adalah perizinan, mulai dari izin dari tetangga hingga masalah perizinan terhadap usaha yang akan dijalankan. Beberapa perizinan akan dibantu oleh pihak perusahaan, ada juga yang harus diurus oleh calon mitra sendiri.

Hal terpenting saat mengajukan diri sebagai calon mitra Alfamidi adalah tempat usaha yang menjanjikan dan juga strategis. Untuk itu, tempat yang tepat adalah kunci agar Anda dapat lolos sebagai mitra.

Memilih Lokasi Usaha

Lokasi usaha yang tepat akan menentukan kesuksesan dalam menjalankan usaha. Semakin strategis suatu tempat usaha maka tingkat penjualan juga semakin pesat. Berikut cara memilih lokasi usaha yang strategis.

  • Penduduk Padat

Mendirikan toko di daerah penduduk yang padat akan memberikan keuntungan yang lebih tinggi bagi penjualan Anda. Hal ini karena kebutuhan mereka juga tinggi. Penduduk yang padat merupakan potensi pasar yang bagus. Oleh karena itu, lokasi usaha dengan jumlah penduduk yang padat amat disarankan.

  • Kemudahan Akses

Akses yang baik dalam menjangkau toko akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendatanginya. Selain itu, toko yang mudah diakses akan membuat jumlah konsumen lebih banyak dibandingkan yang berada jauh di dalam.

Kemudahan akses ini tidak hanya sebatas mudah dijangkau dengan motor saja, tetapi juga mudah didatangi mobil sehingga gerai Anda dapat mengundang konsumen dari semua kalangan.