Cara Membuat Akun TikTok dan Mengenal Fitur-Fiturnya

Selain Youtube dan Instagram, TikTok menjadi platform media sosial yang berhasil menarik ratusan juta pengguna. Media sosial ini juga berhasil melahirkan para sosok ternama berkat video TikTok yang mereka buat. Dengan lahirnya banyak sosok ternama akibat keberadaan TikTok, bukan hal yang aneh jika kita ingin mengikuti jejak mereka untuk menjadi terkenal dengan menggunakan TikTok. Hal pertama yang perlu kita lakukan sebelum menciptakan video adalah dengan membuat akun TikTok terlebih dahulu.

Beberapa Pilihan Cara Membuat Akun TikTok

Berdiri sejak tahun 2016, TikTok telah didownload sebanyak 2 milyar lebih pengunduh di dunia. Selain media aplikasinya, pengguna juga banyak download video TikTok yang menurutnya menarik sehingga dapat dijadikan acuan dalam pembuatan video. Untuk pembuatan akunnya sendiri, ada beberapa cara yang dapat kita terapkan. Untuk mengetahui informasi lebih jelas akan prosedur pembuatan akun TikTok, simak penjelasannya di bawah ini.

Pembuatan akun media sosial TikTok dapat dilakukan dengan memanfaatkan nomor telepon. Cara untuk pembuatan akun berdasarkan dengan nomor telepon dapat dilakukan dengan sangat mudah. Kita hanya perlu memilih “Telepon” pada saat proses pendaftaran. Lanjutnya dengan memasukkan nomor telepon yang dimiliki dan masukkan kode konfirmasi yang kita dapatkan melalui pesan singkat.

Membuat akun TikTok dapat pula dilakukan dengan mengandalkan akun Facebook. Pada saat kita akan melakukan pendaftaran, kita perlu memilih ikon “Facebook” yang ada pada layar pendaftaran akun. Cara selanjutnya adalah dengan memasukkan informasi tertentu yang kita miliki ketika menggunakan akun Facebook. Jika kita ingin menggunakan akun Twitter, kita hanya perlu mengklik ikon “Twitter” pada laman. Serupa dengan menggunakan ikon Facebook, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah dengan mengisi informasi tertentu ketika menggunakan akun Twitter.

Cara lain ketika ingin membuat akun medsos TikTok adalah dengan menggunakan alamat email. Pada saat kita diperlihatkan akan pilihan cara daftar, kita perlu memilih “Email”. Setelah pemilihan selesai dilakukan, proses selanjutnya adalah dengan memasukkan alamat email yang dimiliki. Kemudian, membuat nama pengguna dan dilanjutkan dengan membuat kata sandi.

Fitur TikTok

Pembuatan akun TikTok yang selesai dilakukan memungkinkan kita untuk berkarya dengan menciptakan sebuah video. Sebelum itu, kita juga perlu melakukan pengaturan profil sehingga akun TikTok nampak lebih menarik. Untuk melakukan pengaturan profil, kita dapat mengandalkan fitur-fitur yang dimiliki oleh media sosial TikTok. Untuk mengubah video dan foto profil, langkah yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Membuka halaman profil dan dilanjutkan dengan memilih “Sunting profil”.
  2. Lanjutkan dengan memilih “Video profil” atau “Foto profil”
  3. Unggah video atau foto yang ada pada galeri. Di halaman profil, kita juga dapat mengubah nama panggilan, nama pengguna, ID Instagram, deskripsi profil hingga saluran Youtube.

Proses pengubahan nama pengguna dapat dilakukan dengan membuka halaman profil dan memilih “Sunting profil”. Kemudian dilanjutkan dengan memilih nama pengguna yang kita inginkan. Perubahan nama pengguna pada TikTok dapat kita ubah setiap 30 hari sekali. Jika tidak ingin melakukan perubahan nama pengguna, kita juga tidak perlu melakukan perubahan. TikTok menyediakan fitur filter wajah, efek video dan filter warna yang mampu menghasilkan video menarik. Filter-filter tersebut dapat membuat kita dapat berkreatifitas dan berimajinasi dengan bebas. Setelah berhasil dibuat, video TikTok dapat dibagian ke teman dan dipamerkan kepada para pengikut atau viewers. Cara ini dapat membuat kita menjadi sosok yang populer di media sosial TikTok.