Cara Mengatasi Gusi Sering Berdarah Saat Hamil

Ibu hamil sering kali mengalami masalah mulut, penyebab utama kehamilan semakin tak nyaman. Hal ini karena perubahan hormon sehingga gusi menjadi lebih sensitif. Akibatnya gusi mudah sakit dan muncul plak. Untuk menghindari gusi sering berdarah saat hamil, simak caranya berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Saat Hamil

  1. Rajin Sikat Gigi

Beberapa ibu hamil kadang malas menjaga kebersihan, hal ini harus anda lawan. Terutama tidak rutin sikat gigi yang berdampak pada kesehatan mulut. Sehingga memicu timbulnya plak yang meluas dan terjadi infeksi gusi. Maka disarankan rajin sikat gigi dua kali sehari dan gunakan jenis sikat yang bulunya lembut.

  1. Hindari Makan Manis

Gigi bayi mulai tumbuh pada tiga bulan pertama kehamilan, jadi ibu perlu konsumsi banyak kalsium. Diutamakan perbanyak makan keju dan yogurt yang baik untuk pertumbuhan tulang. Kurangi camilan manis yang beresiko merusak gigi, ganti makanan ringan yang kaya vitamin C dan protein.

  1. Pakai Mouthwash

Untuk mengurangi gusi sering berdarah saat hamil, anda bisa menggunakan mouthwash. Bisa digunakan setelah sikat gigi untuk penyempurnaan agar gigi dan mulut bersih. Asalkan tidak ditelan dan cukup dikumur-kumur, maka mouthwash masih aman dipakai. Namun disarankan memakainya minimal sehari sekali saja.

Gusi yang bermasalah memang cukup mengganggu kenyamanan saat hamil. Penyebabnya beragam bisa jadi terlalu banyak makan manis, atau gigi berlubang sejak awal. Antisipasinya dengan sikat gigi secara rutin, serta hidari makan makanan yang membahayakan gigi.