Cara Mudah Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

HP sekarang ini menjadi salah satu gadget (gawai) yang paling banyak dipakai. Dengan HP kita bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Bukan itu saja, seiring perkembangan teknologi HP juga dipakai untuk beragam hal tertentu.

Misalnya untuk browsing dengan browser di internet, menonton video di Youtube, bermain game dan masih banyak lagi.

HP yang umum ditemui sekarang adalah smartphone. Smartphone berbeda dari HP biasa, karena smartphone memiliki sistem yang canggih serta berbagai fitur di dalamnya.

Meski demikian smartphone juga masih barang elektronik. Ada beberapa masalah yang dapat ditemui di smartphone. Salah satunya adalah HP yang cepat panas, dan baterainya yang cepat habis.

Untuk yang sering memakai HP dalam jangka waktu lama, masalah ini sangatlah wajib untuk di atasi. Berikut silakan disimak penjelasan lebih lengkapnya.

Penyebab HP Panas dan Boros Baterai

Pertama kita perlu mengetahui terlebih dulu penyebab dari masalah ini. Hal paling umum yang membuat HP cepat panas dan baterainya cepat habis, ialah dikarenakan masalah sistem HPnya.

Contoh kamu memasang terlalu banyak widget, atau memasang terlalu banyak aplikasi. Hal ini secara langsung maupun tidak langsung akan membuat HP bekerja secara lebih keras.

Selain itu, HP panas dan baterainya yang cepat habis juga bisa disebabkan karena komponennya yang kurang optimal.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

Untuk mengatasi masalah HP cepat panas dan baterainya yang cepat habis, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Yaitu dengan mengoptimalisasi sistem agar bisa bekerja secara optimal.

Optimalisasi sistem ini juga berguna untuk membuat stabil kinerja komponen HP yang kurang optimal tadi. Berikut caranya:

1. Uninstall Aplikasi Boros Daya

Pertama silahkan kamu cek dulu apa saja aplikasi boros daya yang ada di HP kamu. Aplikasi-aplikasi semacam ini dapat membuat baterai HP menjadi cepat habis

Selain itu kamu perlu mengecek juga, aplikasi yang bisa berjalan di background services. Aplikasi-aplikasi sejenis ini dapat menghabiskan daya baterai HP kamu, meskipun kamu tidak membukanya.

Jika sudah mencatat aplikasi-aplikasinya, kamu bisa langsung menghapusnya. Caranya yaitu melalui Setelan > Uninstall aplikasi.

2. Kurangi Widget

Kemudian kamu harus mengurangi widget yang ada di HP. Apa itu widget? Widget adalah fitur HP yang menampilkan icon tertentu. Misalnya jam, cuaca dan lain-lain.

Dari segi fungsi mungkin widget dapat membantu. Hanya saja, jika kamu sering mengalami HP cepat panas, dan baterainya cepat habis, maka jumlah widget harus kamu kurangi, atau mungkin dihilangkan saja.

Bagaimana cara menghapus widget? Caranya kamu tekan widget tersebut selama beberapa detik, maka akan ada opsi hapus. Silahkan klik opsi hapus tersebut.

3. Nyalakan Mode hemat daya

Dilansir dari situs Uplotify, mode hemat daya, adalah fitur Android yang berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan baterai secara otomatis.

Dengan mode hemat daya, penggunaan baterai yang tadinya boros dapat dikurangi sehingga menjadi lebih hemat.

Kamu bisa mengaktifkan mode hemat daya melalui setelan HP Android, cari pengaturan baterai, lalu aktifkan opsi Hemat Daya.

4. Kurangi Kecerahan Layar

Ada sebagian orang yang cenderung suka memakai kecerahan tinggi, dengan alasan supaya layarnya mudah dilihat.

Namun perlu diingat, bahwa hal ini memiliki efek samping, yaitu HP yang menjadi mudah panas, serta penggunaan baterainya yang jadi lebih tinggi.

Untuk itu, kamu perlu mengurangi kecerahan layar HP. Tidak perlu terlalu banyak, setidaknya di setting kecerahan yang kamu nyaman.

5. Dinginkan HP

Terakhir untuk mengatasi HP panas, kamu bisa mendinginkan HP. Caranya sangat simpel, yaitu matikan HPnya kemudian taruh di tempat yang tidak menyerap panas. Suhu HP nanti akan menurun dengan sendirinya.

Mendinginkan HP ini wajib kamu lakukan rutin. Terutama jika HP tersebut dari bawaan komponennya dari pabrik memang sudah tidak optimal.

Mungkin itu saja cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi HP panas. Silahkan kamu terapkan agar masalah panas dan baterai cepat habis di HP bisa teratasi. Tips-tips ini juga sudah banyak direkomendasikan banyak pihak, bahkan termasuk developer HP.