Jangan Panik, Cek di Sini Cara Mengeluarkan Semut dari Telinga Secara Aman

Telinga yang kemasukan benda asing tidak hanya akan tersumbat, tapi juga bisa menyebabkan iritasi. Tidak jarang, serangga yang memiliki ukuran kecil seperti semut berpotensi masuk ke dalam telinga ketika seseorang terlelap. Lantas bagaimana cara mengeluarkan semut dari telinga dengan aman ? Yuk simak selengkapnya pada ulasan berikut.

Mengeluarkan Semut dari Telinga dengan Aman

  1. Jangan Memasukkan Jari

Ketika telinga terasa tidak nyaman, termasuk ketika kemasukan semut, banyak orang yang refleks memasukkan jari ke dalam telinga untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut. Akan tetapi, jangan pernah memasukkan jari anda sebagai cara untuk mengeluarkan semut dari dalam telinga. Karena tindakan ini justru akan mendorongnya semakin masuk ke dalam.

Bahkan jika semut masih hidup dan anda memasukkan jari, maka bisa membuat serangga tersebut menggigit. Jika telinga sudah meradang dan ditambah gigitan semut, tentu bisa membuatnya semakin parah. Hal ini juga berlaku untuk benda lainnya seperti cotton bud maupun pinset, jangan sekali kali menggunakannya untuk mengeluarkan semut.

  1. Jangan Panik

Ketika merasakan ada benda asing yang masuk ke dalam telinga, sangat wajar jika anda merasa kaget. Namun berusahalah tetap tenang, meski semut yang masuk dalam keadaan hidup maupun sudah mati. Tetap tenang akan membuat anda tidak mengambil tindakan gegabah yang akan membuat semut justru semakin sulit untuk dikeluarkan.

Dalam hal ini, semut yang masuk dalam keadaan hidup mungkin akan menimbulkan suara berderak atau berdengung, bahkan bisa disertai dengan rasa geli pada saluran telinga. Jika anda panik dan menimbulkan gerakan berlebihan, maka bisa berisiko membuat semut semakin masuk ke saluran telinga bagian dalam. Oleh sebab itu, pastikan untuk tetap tenang ketika berada pada kondisi ini.

  1. Miringkan Kepala

Ketika merasa ada semut yang masuk ke dalam telinga, segera miringkan kepala anda ke sisi yang kemasukan serangga tersebut untuk mengeluarkan semut sesuai dengan hukum gravitasi. Anda juga bisa menggoyang kepala secara lembut untuk memberikan lebih banyak tekanan agar semut keluar. Namun jangan memukul telinga, karena bisa menyebabkan masalah lain yang lebih parah.

  1. Gunakan Minyak

Anda bisa menggunakan minyak sebagai cara mengeluarkan semut dari telinga, baik itu minyak mineral, minyak zaitun, maupun baby oil yang tidak mengiritasi kulit. Masukkan minyak ini pada sisi telinga yang kemasukan semut. Setelah dimasukkan minyak, kembali miringkan kepala anda untuk mengeluarkan serangga tersebut.

Minyak yang dimasukkan ke dalam telinga ini dilakukan untuk membunuh semut yang masuk dalam kehidupan hidup ke dalam telinga. Dengan cara ini, maka semut akan jauh lebih mudah untuk dikeluarkan. Namun pastikan anda tidak berlebihan ketika memasukkan cairan ke dalam telinga. Tarik sedikit telinga selama beberapa detik untuk menghilangkan gelembung udara akibat cairan.

  1. Keluarkan Semut

Miringkan kepala kembali dengan posisi telinga yang kemasukan semut menghadap ke bawah, dan goyangkan dengan lembut untuk mengeluarkan semut dari dalam telinga. Nantinya semut akan keluar bersama dengan cairan atau minyak yang anda masukkan ke dalam telinga. Perhatikan dengan seksama, jika semut keluar tidak utuh maka ulangi lagi langkah sebelumnya.

Cara di atas adalah pertolongan pertama ketika semut masuk ke dalam telinga. Jika dirasa tidak berhasil, segera temui dokter THT untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Karena jika dibiarkan tentu akan berakibat fatal. Tidak heran jika kata kunci how to get rid of ant hills banyak dicari, melihat dari risiko semut masuk ke dalam lubang telinga dan bagaimana dampaknya yang cukup fatal.