Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP

Beragam perkembangan teknologi yang semakin meningkat aplikasi pesan instan WhatsApp kini mempunyai beragam fitur yang menarik, akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui fitur-fitur yang bermanfaat tersebut. Salah satu fitur yang terdapat pada WhatsApp yaitu pelacakan lokasi melalui WhatsApp, anda bisa mengetahui lokasi seseorang secara real time. Hal tersebut, tentunya menjadi fitur yang legal tanpa mengganggu privasi dari orang lain. Sehingga, hal tersebut dapat bermanfaat apabila anda sedang membuat janji dengan seseorang akan tetapi anda belum mengetahui lokasinya. Dan untuk melacak lokasi melalui WhatsApp tersebut tidak bertujuan mengganggu privasi ataupun stalking. Karena hal tersebut agar dapat memudahkan seseorang untuk mengetahui lokasi jika ingin bertemu, namun tidak mengetahui lokasi.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp di HP

Ada beberapa cara dari Gawaiso yang dapat anda gunakan untuk menemukan lokasi terkini dari seseorang melalui WhatsApp, jika anda belum mengetahui lokasinya. Berikut cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP, yaitu:

Dengan Live Location pada WhatsApp

Pada fitur WhatsApp ini dapat langsung melacak lokasi pemilik akun WhatsApp lain dengan real time. Langkah yang digunakan yaitu dengan membuka aplikasi WhatsApp, selanjutnya anda pilih orang maupun grup yang ingin diajak untuk berbagi live location. Setelah itu anda klik ikon paperclip pada bagian kanan bawah dan anda pilih opsi lokasi. Apabila sudah langkah yang selanjutnya yaitu anda klik opsi berbagi lokasi terkini, serta berapa lama anda akan menggunakan live location. Pada bagian tambah keterangan, dapat diketik pesan yang akan dikirim jika diperlukan. Setelah itu, penerima pesan dapat langsung melihat lokasi pengirim sekaligus jika berpindah tempat. Fitur ini akan otomatis berhenti apabila waktu berbagi live location habis maupun dapat dihentikan sendiri jika klik berhenti berbagi.

Lacak WhatsApp menggunakan HLR Lookup

Untuk metode yang lain bisa menggunakan aplikasi HLR Lookup atau Home Location Register. Cara ini dapat dicoba jika mendapatkan pesan penipuan melalui WhatsApp, jika ingin mengetahui lokasi pelaku, langkahnya yaitu unduh aplikasi HLR melalui Google Store atau situs yang lain. Setelah itu, masukkan nomor WhatsApp yang melakukan penipuan, lalu anda klik send. Maka beberapa saat akan muncul detail kode area, layanan provider, negara, wilayah, serta kota dari nomor tersebut. informasi ini dapat dibagikan hanya dengan melakukan klik send. Mungkin aplikasi ini kurang memberikan informasi yang akurat mengenai lokasi pelaku terkini, akan tetapi informasi tempat nomor tersebut didaftarkan dapat diketahui.

Lacak Lokasi Teman WhatsApp menggunakan Google Maps

Google Maps ternyata dapat digunakan untuk melacak lokasi melalui WhatsApp, selain untuk navigasi seperti biasa. Langkah untuk melacak lokasi menggunakan Google Maps yaitu membuka Google Maps, setelah itu anda klik simbol akun pada bagian pojok kanan atas dan anda pilih berbagi lokasi. Selanjutnya anda klik mulai agar dapat menunjukkan lokasi kepada teman. Untuk durasi berbagi lokasi real time dapat ditentukan terlebih dahulu sampai dinonaktifkan. Setelah itu anda pilih WhatsApp dan kontak yang akan anda kirimi informasi dan lokasi terkini sudah dapat anda ketahui.

Bagi anda yang belum mengetahui cara untuk melihat lokasi terkini dari seseorang, mungkin beberapa penjelasan diatas dari Gawaiso, mengenai cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di hp dapat membantu anda. Sehingga hal tersebut dapat memudahkan anda untuk menemukan lokasi dari seseorang.