Cara Mudah Mengatasi Masalah Ibu Hamil Susah BAB

Tidak hanya anak-anak yang kesulitan buang air besar, ibu hamil juga dapat mengalami susah BAB. Kondisi tersebut dapat terjadi akibat peningkatan hormon progesteron dan kurangnya asupan serat. Untuk mengatasi kesulitan buang air besar pada ibu hamil, ada cara mudah yang dapat dilakukan. Mengkonsumsi air yang cukup merupakan salah satu langkah yang dapat dilakukan ibu hamil untuk mengatasi BAB. Air dapat melancarkan pergerakan usus dan melunakkan tinja.  Ibu hamil harus mengkonsumsi air sebanyak 2 hingga 3 liter air putih setiap hari agar terhindar dari susah BAB.

Kesulitan buang air besar tidak akan dialami oleh ibu hamil jika mereka mengkonsumsi makanan dalam porsi yang kecil. Memakan makanan dengan porsi besar sekaligus membuat usus bekerja dengan berat. Untuk menghindari hal ini, ibu hamil sebaiknya makan sedikit demi sedikit. Selama sehari, mereka dapat makan sebanyak lima hingga enam kali dengan porsi yang kecil. Cara ini mampu membuat usus dapat bekerja dengan baik sehingga proses BAB dapat berlangsung dengan lancar.

Dengan aktif bergerak, ibu hamil tidak akan mengalami kesulitan BAB. Dengan sering melakukan gerakan, usus pada ibu hamil dapat bekerja dengan baik dan lancar. Gerakan yang tepat untuk ibu hamil adalah dengan melakukan olahraga. Lama waktu olahraga yang direkomendasikan untuk ibu hamil setiap harinya adalah selama 20 menit hingga 30 menit.