Jangan Panik! Berikut Cara Mengatasi Kaki Kram Dengan Mudah Dan Cepat

Kram otot merupakan gangguan yang dapat menimbulkan rasa sakit ringan sampai kejang yang intensi. Gejala kram otot kaki diantaranya adalah otot terasa tegang dan bagian kaki yang kram terlihat berkedut. Lantas bagaimana cara mengatasi kaki kram? Yuk simak ulasannya di sini.
Cara Mudah Mengatasi Kram di Bagian Kaki
1. Melakukan Peregangan Secara Perlahan
Kram biasanya akan berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit tergantung kondisi otot saat itu. Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan peregangan. Dengan begitu, rasa sakit yang dihadapi juga akan sedikit berkurang.
Anda bisa melakukan peregangan ini dengan memegang bagian yang sakit dengan lembut. Kemudian cobalah untuk berdiri dan menggunakannya secara perlahan. Anda juga bisa menempelkan bantalan hangat di area yang sakit agar otot lebih rileks.
2. Menggunakan Obat
Obat obatan juga ternyata bisa meredakan kram. Langkah ini bisa dilakukan oleh anda yang memang memiliki masalah dengan otot. Sebelum itu, diperlukanĀ  konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Jika kram sangat sering terjadi, bisa saja itu menjadi gejala penyakit tertentu.
3. Mengompres atau Menempelkan Koyo
Cara selanjutnya yang juga bisa dilakukan adalah dengan mengompres kaki dengan air hangat atau menempelkannya dengan koyo. Hal tersebut akan membuat otot menjadi lebih rileks sehingga rasa nyeri tidak kembali muncul.
Begitulah beberapa cara yang bisa anda lakukan jika kram mendadak muncul. Meskipun durasinya sebentar, namun kondisi tersebut sangatlah mengganggu. Apabila kram sering terjadi, jangan ragu untuk konsultasikan ke dokter.