Lulusan Teknik Telekomunikasi Jadi Apa? Ini Dia Prospek Kerjanya yang Menggiurkan

Pemilihan jurusan perkuliahan  memang tidak bisa sembarangan dilakukan. Pasalnya hal ini akan menentukan masa depan Anda nantinya dalam mendapatkan pekerjaan. Sebaiknya memang memilih jurusan perkuliahan yang memiliki prospek kerja baik di masa depan. Salah satu yang saat ini yang amat digandrungi dan dibutuhkan dalam dunia yang semakin canggih teknologinya adalah jurusan teknik telekomunikasi. Tidak dapat dipungkiri lulusan dari jurusan teknik yang satu ini sangatlah dibutuhkan  oleh berbagai perusahaan besar sehingga lapangan kerjanya tersedia luas. Nah, makanya tak perlu ragu untuk memilih jurusan teknik telekomunikasi. Agar lebih yakin memilih jurusan yang satu ini silahkan Anda simak penjelasan lengkapnya sekaligus prospek kerjanya yang sangatlah menggiurkan.

Mengenal Jurusan Teknik Telekomunikasi

Perlu Anda ketahui senarnya jurusan teknik telekomunikasi ini sudah sangat terkenal dari tahun 1990-an. Pasalnya pada zaman tersebut mulailah perkembangan dalam dunia teknologi yang begitu pesat seperti hadirnya telepon rumah. Akhirnya para lulusan jurusan tersebut diburu oleh berbagai perusahaan atuapun instansi perusahaan.  Adapun jurusan teknik telekomunikasi ini sesuai dengan nama jurusannya adalah sebuah jurusan yang akan mempelajari mengenai berbagai hal yang berkaitan langsung dengan sector pertelekomunikasian. Contohnya seperti belajar mengenai sistem komunikasi seluler atau komunikasi teknik digital.  Tak hanya itu saja Anda akan belajr mengenai komunikasi jaringan radio, pengolahan informasi, penyaluran sampai penyebarannya yang efisien pula. Para lulusan teknik telekomunikasi inipun harus paham mengenai pentingnya jasa sertifikasi alat telekomunikasi yang mampu menjamin interoperabilitas antar perangkat telekomuniaksi yang ada.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Telekomunikasi yang Menggiurkan

Bisa dibilang bahwa prospek kerja untuk lulusan jurusan teknik telekomunikasi ini sangatlah banyak dan menggiurkan. Berikut adalah yang paling menggiurkan yang akan bawa masa depan cerah:

  1. IT Security and Big Data

Prospek kerja pertama yang menggiurkan sebagai lulusan jurusan teknik telekomunikasi ini adalah bekerja dengan posisi IT Security and Big Data. Anda yang mau bekerja dalam posisi ini tugas utamanya adalah merencanakan dan mengatur layanan keamanan dan masih banyak lagi. Tentunya ilmu IT harus dikuasai para lulusan jurusan teknik telekomunikasi ini bila mau bekerja dalam posisi IT Security dan Big Data ini.

  1. Arsitek Database

Berikutnya yang tak kalah menggiurkan adalah prospek kerja lulusan jurusan teknik telekomunikasi ini sebagai arsitek database. Tugas utamanya adalah membangun sistem tertentu untuk datasbe yang dimiliki perusahaan. Dalam pengembangan pemrograman sekaigus keamanan database dari perusahaan jug amerupakan tanggung jawab dari aristek database ini.

  1. Teknisi Mekanik Radio

Para lulusan dari jurusan teknik telekomunikasi ini juga bisa bekerja sebagai teknisi mekanik  radio. Yang jadi tugas utama bila bekerja pada posisi ini adalah memperbaiki peralatan penerima dan penacar dari sinyal frekuensi yang dimiliki radio. Menariknya gaji dari teknisi mekanis radio ini bisa mencapai nominal yang menggiurkan yakni puluhan juta rupiah.

  1. Programmer Komputer

Bisa dibilang posisi sebagai programmer computer adalah posisi yang paling banyak dipilih lulusan jurusan teknik telekomunikasi. Tugas yang dimiliki sebagai seorang programmer ini adalah melakukan pengembangan serta pengujian code, form serta script yang ada dalam aplikasi computer sekaligus dengan perancangannya.  Para fresh graduate pun bila menempati posisi ini bisa mendapatkan gaji sampai 7 juta rupiah banyaknya.

  1. Aristek Jaringan Komputer

Satu lagi prospek kerja menggiurkan bagi lulusan jurusan teknik telekomunikasi ini adalah sebagai arsitek jaringan computer. Posisi ini mengharuskan Anda untuk merancang jaringan informasi dan computer. Gajiannya tidak usah ditanyakan lagi, pastinya akan  besar dan menggiurkan.