Manfaat Buah Blewah untuk Ibu Hamil

Siapa yang tidak tahu buah segar yang menjamur dan banyak dicari-cari saat bulan Ramadhan tiba ini? Ya, blewah memang menyegarkan, sehingga seringkali dijadikan kudapan es yang menggiurkan untuk sajian berbuka puasa. Tetapi, tahukah Anda, bahwa sebenarnya buah blewah juga memiliki manfaat yang besar untuk Ibu hamil, lho!

Buah blewah terkenal memiliki cukup banyak kandungan asam folat, sehingga dengan mengkonsumsinya, bisa mencegah caat tabung saraf pada bayi. Asam folat juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin yang sehat. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi blewah juga bisa mencegah pembekuan darah yang mungkin timbul saat masa kehamilan, meski komplikasi ini jarang terjadi.

Manfaat buah blewah untuk Ibu hamil selanjutnya adalah mampu mencegah anemia pada Ibu. Kita tahu, bahwa Anemia semasa kehamilan bisa berbahaya bagi Ibu dan janin. Ibu hamil yang sering mengalami mulas pada trimester kedua dan ketiga juga bisa ditenangkan dengan mengkonsumsi blewah. Selain itu, vitamin C pada blewah juga bisa melancarkan pencernaan dan menghilangkan rasa mulas.

Sayangnya, kadang ada buah blewah yang terkontaminasi bakteri Listeria. Bakteri ini biasanya ditemukan pada kulit luar buah blewah, yang mana bakteri ini cukup berbahaya bagi Ibu hamil. Karena itulah, selalu pilih buah blewah yang segar dan cuci bagian kulit luarnya hingga benar-benar bersih. Sehingga, aman dikonsumsi.