Manfaat Daun Ketumbar untuk Kesehatan

Daun ketumbar dikenal sebagai bumbu masakan. Tapi ternyata, daun ketumbar juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut kami rangkumkan untuk anda.

Manfaat Daun Ketumbar

Di dalam daun ketumbar terkandung beberapa senyawa seperti alkaloid, flavonoid, Saponin dan Tanin. Juga mengandung beberapa mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh seperti zat besi dan vitamin. Berikut empat manfaat daun ketumbar bagi kesehatan yang perlu anda ketahui.

  1. Menjaga kesehatan penderita diabetes

Manfaat daun ketumbar yang pertama, adalah menjaga kesehatan penderita diabetes. Hal ini lantaran daun ini indeks glikemiknya sangat rendah. Sehingga ketika dikonsumsi tidak akan menaikan secara drastis gula darah.

Bahkan, zat didalam daun ketumbar ini bisa turunkan gula darah bagi penderita diabetes. Serta menurunkan lemak darah dan melindungi fungsi hati.

  1. Mencegah penyakit bawaan makanan

Manfaat daun ketumbar kedua, bisa mencegah penyakit bawaan makanan. Mm berkat kandungan dodecenal dan partikel perak di dalamnya yang antibakteri. Senyawa ini bisa bunuh bakteri salmonella yang biasanya mencemari makanan dan penyebab keracunan makanan.

  1. Menjaga fungsi otak

Manfaat lain daun ketumbar adalah menjaga fungsi otak. Diyakini bisa kurangi peradangan lantaran kandungan antioksidannya yang cukup besar. Hal ini juga membuat daun ketumbar bisa tingkatkan fungsi kognitif seperti kemampuan mengingat dan berpikir serta meminimalisir risiko terjadinya penyakit Parkinson dan alzheimer.

  1. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah juga bisa dikontrol dengan konsumsi daun ketumbar. Hal ini berkatĀ  kandungan flavonoid di dalamnya, yang punya efek seperti obat antihipertensi Ace Inhibitor.

Ini bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan tekanan darah terutama bagi yang menderita hipertensi. Juga meminimalisir risiko penyakit jantung, stroke dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Nah itulah manfaat dari daun ketumbar. Selain dijadikan bumbu masakan, ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.