Manfaat Pare bagi Ibu Hamil

Paria alias pare adalah jenis sayuran yang tampak bergerigi dan rasanya pahit. Meski rasanya pahit, pare mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan mulai dari serat, asam folat, vitamin A, vitamin C, sampai berbagai jenis mineral untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Tak hanya bermanfaat bagi orang biasa, pare juga bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat pare bagi ibu hamil.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Perubahan hormon tubuh selama kehamilan menyebabkan ibu hamil sering mengalami sembelit, perut begah, dan gangguan asam lambung. Pare mengandung banyak serat sehingga sayuran yang satu ini dapat mengatasi masalah pencernaan yang umum dialami oleh ibu hamil.

  1. Memperkuat imunitas

Sistem kekebalan tubuh ibu hamil cenderung lemah sehingga rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan makanan yang dapat memperkuat imunitas tubuh seperti pare yang mengandung vitamin C dan antioksidan.

  1. Mencegah diabetes

Ibu hamil memiliki risiko tinggi untuk mengalami diabetes gestasional karena aktivitas hormon kehamilan yang bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Dengan mengonsumsi pare yang mengandung banyak polipeptida-P dan charantin yang mampu menyeimbangkan kadar gula darah, risiko terkena diabetes dapat dikurangi.

  1. Mengontrol kenaikan berat badan

Pare mengandung serat tak larut sehingga ibu hamil dapat merasa kenyang lebih lama dan keinginan ngemil dapat dikendalikan.