Memahami Ikan Cupang Koi, Ikan Hias Eksotis yang Tak Ditemukan di Alam Bebas

Ikan cupang begitu disukai karena mempunyai beberapa bentuk, corak, dan warna yang cantik sekaligus menarik. Cupang punya sangat banyak varian dan diklasifikasikan berdasarkan sejumlah kategori, yakni jenis ekor, corak, dan warna. Dari berbagai macam ikan cupang tersebut, ikan cupang koi menjadi jenis yang cukup menarik dan kini banyak dipelihara oleh penggemar ikan hias.

Cupang kor adalah variasi dari cupang marmer. Senada dengan namanya, cupang koi mempunyai corak dan warna yang mirip seperti ikan koi. Cupang satu ini termasuk kedalam variasi cupang yang unik, karena cupang kor bukanlah ikan hias yang akan kamu temui di alam bebas.

Cupang koi dibudidayakan dengan sangat hati-hati oleh seluruh penghobi akuarium sampai karakteristik ikan ini selalu terjaga. Corak dan warna cupang koi ada banyak. Warna cerah tetap mendominasi sehingga tampilannya terlihat eksotis.

Seperti yang telah disebutkan diatas, cupang koe adalah variasi ikan marmer yang mempunyai corak kurang teratur.  Bedanya adalah ikan marmer mempunyai sirip pola mirip marmer maupun warna tembus pandang, sementara cupang koi mempunyai ekor dan sirip dengan corak mirip dengan ikan koi.

Ikan cupang koi bisa hidup meskipun dalam perairan yang rendah akan oksigen. Meskipun begitu, tak berarti jika cupang koi tak memerlukan banyak O2. Ikan cupang mempunyai organ pernapasan tertentu yang memungkinkan dia menghirup udara secara langsung di permukaan.

Keadaan air yang maksimal untuk merawat cupang koi ialah air yang sedikit hangat dan juga pH asam hingga netral dan dengan pergerakan rendah. Di sisi lain, cupang koi sangat menyukai akuarium yang memiliki banyak tanaman hidup. Kamu bisa menghias akuarium menggunakan tanaman, selain itu juga tanaman tersebut akan memberikan kesan habtat alam untuk ikan hias.

Bila ingin memelihara cupang koi dan beberapa macam ikan yang lain, pastikan bahwa tak ada ikan agresif yang kemungkinan bakal menggigit siripnya yang cantik dan panjang.

Walaupun banyak yang merawat ikan cupang didalam tangki yang kecil, ada baiknya kamu merawat cupang koi ataupun cupang jenis lain didalam tangko besar.