Mengalami Flek Hitam Di Wajah Saat Hamil? Simak Penyebabnya

 

Apakah bunda mengalami kehadiran flek hitam pada wajah saat masa kehamilan? Tentu sangat mengganggu dan membuat bunda agak tidak percaya diri. Hal itu wajar dan dialami pada banyak wanita hamil. Simak ulasan berikut untuk mengetahui penyebabnya.

Penyebab Munculnya Flek Hitam

Flek hitam di wajah ini biasa disebut “Topeng Kehamilan”, dalam istilah medis keadaan ini dikenal dengan Melasma Gravidarum atau Chloasma. Tak perlu khawatir karena 50 persen ibu hamil mengalaminya. Flek hitam ini biasanya muncul pada bibir bagian atas, tulang pipi, kening hingga hidung.

Hal ini bisa dipicu karena perubahan hormonal pada masa kehamilan yang memicu peningkatan produksi melanin tubuh secara temporer. Melanin adalah pewarna alami pada tubuh yang memberi warna pada mata, kulit dan rambut. Area yang mengalami hiperpigmentasi ini akan memudar setelah melahirkan.

Bagaimana Mengatasinya?

Untuk meminimalisir flek hitam di wajah saat hamil, gunakan tabir surya saat akan keluar rumah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kulit ibu hamil sangat sensitif sehingga gunakan pembersih muka dan krim wajah yang tidak membuat iritasi pada kulit. Jangan gunakan pemutih wajah karena hormon akan meningkat saat melahirkan.

Itulah beberapa penyebab yang mengakibatkan munculnya flek hitam saat masa kehamilan. Segera ambil penanganan yang tepat, jangan asal menggunakan kosmetik dan obat-obatan saat hamil. Konsultasikan juga dengan bidan atau dokter untuk menghilangkan flek hitam di wajah dengan penanganan yang tepat.