Mengenal Hiperemesis Gravidarum Tingkat 1

 

 

Hiperemesis Gravidarum secara singkat bisa diartikan sebagai kondisi muntah berlebihan selama kehamilan.  Kondisi ini ditandai dengan muntah-mudah, mual yang parah, berat badan yang turun drastic dan juga adany agangguan elektrolit dalam tubuh ibu hamil. Biasanya kondisi ini berlangsung sampai minggu ke 20 kehamilan bahkan pada bebgerapa ibu hamil sampai pada hamil tua. Ada beberapa tingkatan dari Hiperemesis Gravidarum dan yang paling rendah adalah yang tingkat 1.

Untuk kenali lebih dekat soal Hiperemesis Gravidarum tingkat 1 ini silahkan simak informasi lengkapnya sebagai berikut:

  1. Faktor Penyebab

Beberapa factor penyebab yang bisa menimbulkan Hiperemesis Gravidarum tingkat 1 ini diantaranya ada peningkatkan hormone Human Chorionic Gonadotropin (HCG), hormone estrogen yang berubah, obesistas, pertama kali hamil. Punya riwayat hyperemesis gravidarum, genetic, anak kembar, anak perempuan ataupun hamil anggur.

  1. Gejala

Gelaja paling umum Hiperemesis Gravidarum tingkat 1 ini diantaranya ada seringnya muntak ketika selesai makan, badan lemas, keringnya lidah, nafsu makan berkurang, bobot turun, cekungnya mata, urine berkurang, menurunnya tekanan darah sistolik, mudah merasa kehausan,  fekuensi denyut nadi yang naik, dan turgor kulit yang berkurang.

  1. Penanganan

Beberapa gelaja dari Hiperemesis Gravidarum tingkat 1 ini bisa hilang sendiri tetapi bila dirasa menganggu dan makin parah, maka harus ada penanganan yang tepat. Sebaiknya penanganan untuk Hiperemesis Gravidarum ini adalah untuk datang ke dokter untuk memastikan kondisi. Anda juga sebaiknya menghindari pekerjaan berat, memakan asupan yang bergisi dan istirahat yang cukup.