Mengulik Berbagai Misteri dan Hal Menakjubkan dari Sungai Mahakam di Kaltim

Tercatat sebagai sungai terpanjang nomor dua di Indonesia, banyak masyarakat sekitar yang menggantungkan hidup di Sungai Mahakam, khususnya bagi mereka yang tinggal di sekitar hilir maupun sepanjang anak sungai. Di balik banyaknya manfaat dari sungai yang terletak di Pulau Kalimantan ini, banyak misteri dan hal menakjubkan yang menarik untuk dibahas. Apa saja ? Simak selengkapnya berikut ini.

Fakta Menarik Sungai Terpanjang Kedua di Indonesia
1. Pesut Mahakam
Pesut mahakam adalah salah satu hal menakjubkan yang bisa ditemukan di sungai terpanjang kedua satu ini. Pesut mahakam merupakan mamalia air tawar yang merupakan hewan langka, bahkan hampir punah keberadaannya. Pesut mahakam yang mirip lumba lumba ini memang memiliki habitat asli di sungai tersebut.
2. Misteri Air Sungainya
Masyarakat setempat memiliki kepercayaan terkait air sungai ini, bahwa airnya memiliki daya tarik alias pelet bagi siapapun yang mengonsumsinya. Jadi orang yang sudah pernah meminum air sungai tersebut, konon katanya akan selalu kembali ke sungai itu berasal. Entah kedatangannya memang direncanakan atau kebetulan, baik itu untuk beberapa hari maupun hitungan jam saja.
3. Sebagai Tempat Berkembangnya Kerajaan Kutai
Di bagian lembahnya, banyak yang menyebutkan bahwa daerah tersebut merupakan tempat berkembangnya kerajaan Kutai. Konon, perkembangan kerajaan ini dulunya terbagi ke dalam dua periode. Yang pertama yaitu Kutai Martadipura pada tahun 350 sampai 400, dan Kutai Kartanegara pada sekitar tahun 1.300.
Terlepas dari banyaknya misteri maupun hal menakjubkan dari sungai terpanjang kedua tersebut, sungai ini dijaga dengan baik kelestariannya lantaran banyak dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan masyarakat setempat. Jadi, bagi anda yang sedang melancong ke Samarinda atau daerah Kalimantan Timur, tidak ada salahnya untuk mampir ke sungai satu ini.