Mengulik Cibinong, Ibukota Kabupaten Bogor yang Kian Berkembang

 

Cibinong menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor, berjarak sekitar 48 km dari Jakarta, yang menjadi Ibukota Kabupaten Bogor dan kian tercatat mengalami perkembangan cukup pesat. Seperti apa perkembangan yang terjadi di daerah satu ini ? Yuk simak ulasan singkat mengenai pertumbuhan wilayah tersebut selama beberapa tahun terakhir dalam ulasan berikut.

Sejarah Cibinong Hingga Menjadi Ibukota Bogor

Menurut beberapa sumber, Cibinong, sebagai Ibukota Bogor, berasal dari penggabungan sembilan Kelompok Pemukiman di era Gubernur Jenderal Baron Van Inhof, tepatnya pada tahun 1745. Kemudian, seiring berjalannya waktu, kesatuan dari masyarakat yang kian berkembang pula, kemudian membentuk menjadi suatu kota yakni Cibinong.

Selanjutnya, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, pertumbuhan dari Cibinong berjalan dengan sangat pesat. Terlebih semenjak Cibinong dijadikans sebagai Ibukota Bogor, pembangunan di kota tersebut kian pesat, sebab menjadi kawasan pemerintahan sehingga prioritas pembangunan juga kian terfokus.

Cibinong yang Kian Tersohor

Sangking pesatnya pertumbuhan Cibinong sebagai Ibukota Bogor, tercatat pada pertengahan tahun 1980-an Cibinong sampai sempat akan dipersiapkan menjadi ibukota Indonesia, menggantikan Jakarta pada saat itu. Jika berbicara tentang fasilitas, Cibinong menjadi lokasi yang ideal sebab tidak sejauh Bogor, dan tidak sepadat Depok.

Kemudian dari aspek sarana pendidikan, kesehatan, hingga pendukung transportasi di Cibinong semua tersedia dan mudah dijangkau. Selanjutnya, adanya pembangunan stadion Pakansari di Cibinong yang telah beberapa kali ditunjuk menjadi arena permainan kandang timnas sepakbola Indonesia dengan lawan-lawannya.

Ulasan diatas merupakan informasi tentang perkembangan Cibinong sebagai Ibukota Bogor, yang tercatat mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terlebih semenjak Cibinong yang menjadi kawasan pemerintahan, prioritas pembangunan seperti fasilitas transportasi, kesehatan, pusat perbelanjaan dan pendidikan semakin meningkat hingga saat ini.