Tips Menguasai Past Continuous Tense dengan Cepat

Tense merupakan salah satu konsep tata bahasa Inggris yang menyatakan kejadian pada berbagai waktu. Untuk itu, selain disusun oleh kata kerja tertentu, juga terdapat keterangan waktu yang menjelaskan peristiwa tersebut.

Salah satunya adalah past continuous tense. Artinya bahwa kejadian yang dijelaskan sedang terjadi pada waktu tertentu pada masa yang telah lampau atau sudah berlalu.

Belajar Bahasa Inggris pada dasarnya dapat dilakukan secara otodidak. Syaratnya harus mampu mengatur waktu dan konsisten untuk mengulangnya setiap hari. Namun, syarat yang mudah ini nyatanya sulit untuk dikerjakan.

Tidak sedikit mereka yang belajar sejak lama, tetapi masih belum dapat menguasainya. inggrism, merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dapat membantu Anda belajar tentang past continuous tense ini.

Tips Menguasai Past Continuous Tense

Past continuous tense adalah pengembangan dari past tense yang khas dengan keterangan waktu lampau. Penting untuk diingat bahwa karena kejadian di waktu lampau, artinya peristiwa itu telah berlalu.

  1. Memahami Keterangan Waktu

Keterangan waktu yang digunakan pada past continuous tense berbeda dengan yang lainnya. Umumnya, keterangan waktu yang digunakan adalah all day yesterday, the whole yesterday, this afternoon, all night yesterday, when, as, while, all day last Monday, dan masih banyak yang lainnya.

Intinya, keterangan waktu yang digunakan menunjukkan kejadiannya telah berlalu. Itulah mengapa tens ini menggunakan “past”.

  1. Mengetahui Fungsinya

Past continuous tense dapat digunakan untuk berbagai keadaan. Beberapa keadaan yang dapat dinyatakan dengan tense ini yaitu untuk menyatakan peristiwa yang telah dimulai, tetapi masih berlangsung ketika kejadian lain muncul.

Selain itu, tense ini juga dapat digunakan untuk menyatakan peristiwa yang sedang terjadi, untuk menyatakan keadaan sementara yang sedang berlangsung, dan semua kejadian tersebut terjadi di masa lampau.

Artinya bahwa semua peristiwa telah selesai saat ini. Selain itu, past continuous tense ini juga dapat digunakan untuk mengekspresikan hal yang berulang-ulang dengan memberikan keterangan always.

Saat menyatakan satu permintaan yang sopan, Anda juga dapat menggunakan tense ini dengan memakai kalimat I was wondering.

  1. Memahami Rumus Kalimat

Untuk rumus past continuous tense sendiri ada tiga ekspresi, yaitu kalimat positif, kalimat negatif, dan kalimat tanya.

Rumus untuk kalimat positif yaitu:

Subject + was/were + Verb-ing + time signal

Rumus untuk kalimat negatif

Subject + was/were + not + Verb-ing + time signal

Rumus untuk kalimat tanya

Was/were + Subject + Verb-ing + time signal + (?)

Contoh Penggunaan Past Continuous Tense

Belajar bahasa Inggris adalah tentang memakai dan mengulangnya setiap hari. Untuk memahami bagaimana past continuous tense digunakan pada tata bahasa Inggris sehari-hari, berikut contoh penggunaannya.

  • Kalimat Positif

Kalimat positif menunjukkan ekspresi atau pernyataan yang tidak menolak atau sesuai dengan keadaan. Karena merupakan past continuous tense, maka keterangan waktu yang digunakan adalah telah lampau. Contoh penggunaannya yaitu:

[+] He was visiting him father last week.

[+] Doni was studying English all day yesterday.

  • Kalimat Negatif

Kalimat negatif merupakan ekspresi atau pernyataan yang menyangkal atas kejadian yang terjadi. Artinya, pada past continuous tense ini, kejadian yang terjadi di waktu lampau tersebut sebenarnya tidak terjadi. Contoh penggunaannya yaitu:

[-] He was not visiting him father last week.

[-] Lisa was not studying English all day yesterday.

  • Kalimat Tanya

Kalimat tanya merupakan ekspresi atau pertanyaan yang diajukan untuk mengonfirmasi apakah kejadian di masa lampau tersebut benar-benar terjadi atau tidak. Contoh penggunaannya yaitu:

[?] Was he visiting him father last week?

[?] Was Lisa studying English all day yesterday?

Contoh penggunaan kalimat untuk menyatakan ekspresi atau pernyataan dengan memakai past continuous tense dapat Anda coba dengan menggunakan subjek dan kata kerja lainnya. Untuk membuat Anda lebih mahir, sebaiknya lakukan latihan setiap hari, meskipun hanya sebentar.