Penting Diketahui! Berikut Cara Mengenali Dyspraxia Pada Balita Dengan Benar

Dyspraxia merupakan salah satu kondisi pada anakan yang mengalami gangguan dalam mengorganisasi gerakan. Hal tersebut disebabkan kurangnya kemampuan otak dalam memproses sebuah informasi. Lantas bagaimana cara mengenal dyspraxia pada anak? Yuk simak disini.

Cara Mengenali Dyspraxia Pada Anak

  1. Memperhatikan Aktivitasnya

Salah satu cara untuk mengenal gangguan ini pada anak adalah memperhatikan aktivitasnya sehari-hari. Pasalnya anak yang mengalami gangguan ini akan kesulitan melakukan beberapa aktivitas yang mudah. Seperti menyikat gigi, membuka toples, kesulitan menggunakan sendok dan lainnya.

  1. Melihat Kecepatan Dan keseimbangan Anak

Balita yang mengalami gangguan yang satu ini kerap kali mengalami kesulitan dalam mengatur kecepatan ataupun keseimbangan diri. Oleh karena itu cobalah untuk selalu memperhatikannya ketika berjalan atau berlari apakah mengalami kesulitan dalam menjaga keseimbangannya atau tidak.

  1. Memperhatikan Bagian Otot Anak

Salah satu cara untuk mengetahui dyspraxia pada balita adalah memperhatikan bagian otot anak. Pasalnya gangguan yang satu ini dilengkapi dengan ciri adanya masalah pada otot yang lemah serta kelenturan otot. Selain ciri tersebut biasanya anak dengan gangguan ini juga bingung menentukan kiri dan kanan.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui gangguan yang satu ini kepada anak. Adapun cara tersebut adalah memperhatikan aktivitasnya, melihat keseimbangan dan kecepatan, serta memperhatikan bagian otot anak. Hal ini dilakukan karena dyspraxia sebuah gangguan yang mempengaruhi motorik halus dan motorik kasar pada anak.