Rekomendasi Lemari Arsip

Dalam suatu perusahaan, ada banyak dokumen-dokumen penting yang biasanya disatukan kemudian disimpan dalam lemari arsip. Lemari arsip mungkin tampak sepele karena fungsinya untuk menyimpan dokumen. Namun, mengingat berbagai dokumen penting disimpan dalam lemari arsip, furnitur yang satu ini memiliki manfaat yang tidak boleh diremehkan.

Lemari arsip umumnya didesain agar dapat melindungi dokumen dari kobaran api, rayap, maupun hal lain yang tidak terduga. Artinya, menyimpan dokumen penting pada lemari arsip dapat meminimalisir risiko dokumen rusak atau hilang. Rekomendasi lemari arsip pun menjadi penting karena desain yang baik juga dapat menambah nilai estetika.

Tips Memilih Lemari Arsip

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan saat Anda memilih lemari arsip, yaitu sebagai berikut.

  1. Sesuaikan dengan luas ruangan

Poin pertama yang perlu diperhatikan saat Anda memilih lemari arsip adalah menyesuaikan ukuran lemari dengan ruangan tempat lemari tersebut akan ditempatkan. Artinya, Anda wajib memeriksa luas ruangan.

Apabila ruangan yang akan digunakan untuk meletakkan lemari arsip besar, Anda dapat memilih dengan lebih leluasa. Namun, jika ruangan yang akan digunakan tidak terlalu luas, maka Anda harus memilih lemari arsip dengan desain minimalis yang kecil dan ramping.

Pasalnya, lemari berukuran besar yang dipaksa untuk ditempatkan di ruangan yang luasnya tak seberapa akan membuat ruangan menjadi pengap.

Selain mempertimbangkan ukuran lemari, Anda juga perlu mempertimbangkan sisa ruang yang tersedia saat pintu lemari arsip dibuka. Apabila terlalu sempit, Anda dapat memilih lemari arsip tanpa pintu maupun lemari dengan pintu geser sebagai alternatif.

  1. Pilih material yang sesuai

Selain memperhatikan ukuran lemari, Anda juga perlu memilih material yang paling sesuai berdasarkan kebutuhan. Beberapa material yang biasa digunakan sebagai lemari arsip di antaranya kayu, particle board, dan besi.

Lemari arsip dari kayu memiliki karakteristik kuat dan tahan lama. Material kayu juga dapat memberikan kesan hangat dan mewah dengan serat-serat kayu yang khas. Artinya, material ini sangat cocok bagi Anda yang senang dengan nuansa alami.

Namun, lemari arsip yang terbuat dari bahan kayu umumnya cukup berat dan dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Apabila lemari arsip dari kayu terlalu mahal, Anda dapat menggunakan lemari dari particle board sebagai alternatif. Selain harganya lebih ekonomis dibanding lemari dari kayu solid, lemari particle board juga memiliki bobot yang lebih ringan.

Apabila Anda menginginkan lemari arsip yang lebih stabil dan kuat, Anda bisa memilih lemari arsip yang terbuat dari bahan metal atau logam. Karena karakteristik metal yang kuat, Anda dapat menyimpan benda berat pada lemari tersebut.

Selain itu, lemari yang terbuat dari bahan metal juga lebih tahan terhadap kobaran api dibanding lemari dari kayu solid maupun particle board.

  1. Pilih tipe lemari yang sesuai

Ada dua tipe lemari arsip yang dapat dipilih, yaitu tipe rak dan tipe laci. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga Anda perlu mempertimbangkan mana yang paling sesuai. Lemari tipe rak lebih mudah digunakan sementara tipe laci dapat menyimpan barang yang lebih besar.

Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi lemari arsip, Mebel Jepara adalah pilihan yang tepat. Selain menyediakan berbagai tipe lemari arsip dengan desain yang beragam, Mebel Jepara juga menawarkan produk dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk mencari lemari arsip.