Sejarah Tugu Malang

Tugu Malang berada di Kota Malang, lebih tepatnya berada di pusat kota. Ketika Anda berkunjung ke alun-alun Malang, pastinya akan melewati tugu ini. Uniknya, tugu ini dibangun ditengah-tengah jalan dengan halaman luas serta kolam. Selain dilihat dari segi keindahannya, ternyata tugu Malang ini juga memiliki nilai historis dibaliknya.

Tugu Malang merupakan tugu yang pertama kali dibangun di Indonesia. Alasan pertama dibangunnya tugu ini dikarenakan salah satu kota besar yang belum dikuasai sekutu Belanda pada masa penjajahan. Alasan keduanya yaitu Malang menjadi kota dengan infrastruktur yang paling modern dan cukup memadai. Tak hanya itu, Malang juga menjadi salah satu kota besar dengan lokasi yang cukup strategis. Kota Malang pada saat itu menjadi satu-satunya kota yang netral, sehingga menjadi lokasi yang paling tepat untuk mewujudkan ekspresi Republik Indonesia.

Bangunan Tugu Malang dibangun dengan tiga struktur yaitu bamboo runcing, relief di bagian tengahnya dan padma pada bagian bawahnya. Bambu runcing pada puncak tugu ini melambangkan perlawanan masyarakat Indonesia kepada penjajah. Relief yang terdapat pada tengah tugu ini melambangkan pancasila sebagai identitas Negara Indonesia. Sedangkan padma yang terletak dibawah tugu ini sebagai penopang.  Uniknya lagi disekeliling Tugu Malang ini ada ciri khasnya kolam dengan bunga teratai. Ketika datang di waktu yang tepat, Anda bisa melihat keindahan bunga teratai bermekaran.