Waktu Yang Baik Untuk Sholat Tahajud

Manusia diciptakan dimuka bumi agar menjalankan tugas dan kewajibanya sebagai seorang hamba, salah satunya adalah untuk beribadah kepada allah swt. Beribadah merupakan wujud rasa syukur kita kepada tuhan sang penipta alam, dengan menjalankan kewajiban badah, berarti rasa syukur itu sudah kita miliki, meskipun bentuk ibadah tidak hanya sholat seperti memberi jam digital untuk masjid itu juga badah.

Sebagai umat muslim, kita hendaknya mengerti bahwa sholat tahajud adalah bagian dari bentuk-bentuk ibadah yang danjurkan. Allah SWT menjelaskan dalam firmanya, Ia akan memberikan nikmat yang lebih banyak kepada siapapun yang beribadah kepadanya. Setiap orang yang mendekatkan diri kepada Nya, Allah akan memberikan jalan petunjuk terhadap segala persoalan hidup yang kita alami.

Menjalankan sholat tahajud ada beberapa waktu tertentu yang disarankan, mau tau? yuk simak terus deskrips berikut.

Waktu-Waktu Yang Baik Untuk Menjalankan Sholat Tahajud

Pixabay.com
  • Waktu Ba’da Isya’

Sebagian orang menganggap bahwa waktu setelah isya’ adalah sepertiga malam yang pertama. waktu ini dimulai setelah waktu shokat isya hingga pukul 22.00. Jika digunakan untuk menjalankan shalat tahajud, waktu-waktu ini cukup baik, Anda bisa melaksanakanya setiap hari sebagai bentuk keistiqomahan.

  • Sepertiga Malam Yang Ke Dua

Pada waktu ini justru banyak digunakan oleh orang-orang untuk menjalankan sholat tahajud. Pasalnya, waktu sepertiga malam ini berada pada pukul 22.00 hingga 01.00. Pada waktu ini dipercayai banyak orang memiliki banyak fadhilah dan kestimewaan, meskipun pada dasarnya pada jam-jam ini memang sulit untuk bangun dan menjalankan sholat sunah tahajud.

  • Sepertga Malam Ke Tiga

Waktu sepertiga malam yang terkahir ini memiliki manfaat yang sangat baik jika digunakan untuk beribadah sholat tahajud. pasalnya, selain kita bisa menjalankan sholat tahajud dengan khusu’ udara bumi sedang stabil dan mampu memberikan manfaat terhadap kesehatan tubuh. Oleh sebab itu jangan enggan bangun subuh untuk menjalankan ibadah tahajud.

Tentang Sholat Tahajud Selengkapnya Seperti ini

Pixabay.com

Sudah menjadi rahasia Tuhan, di waktu-waktu sepertiga malam yang mana manusia umumnya beristirahat tidur, tetapi justru malah diberkan banyak keutamaan. memang bukan perkara yang mudah untuk bangun di tengah malam, apalagi harus mengambil wudhu dengan air yang cukup dingin, namun itulah janji Allah, ia memberikan keutamaan yang lebih kepada semua ummat muslim yang sabar dan ikhlas menjalankanya.

Dalam sholat tahajud hanya terdapat dua rakaat saja, kita boleh melakukanya lagi berulang-ulang, namun dengan jumlah yang ganjil. jumlah ganjil yang dimaksudkan adalah, kita sholat tahajud dua rakaat, jika sudah selesai kita lakukan lagi seperti awal dengan dua rakaat, dan terus kita lakukan hal yang sama sebanyak tiga kali, tuju kali, dan seterusnya.

Tatacara shalat tahajud sesungguhnya sama dengan shalat wajib lima waktu, salah satunya yaitu niat, takbiratul ikhram, membaca surat fatihah, dan seterusnya. semuanya dilakukan dengan khusu’ dan berurutan sesuai ketentuan agama. Jika Anda mengalami kebingungan dalam tata cara pelaksanaanya, Anda bisa belajar kepada para ahli agama, atau belajar dengan sumber lain yang dapat membantu Anda.

Didalam islam tidak ada batasan usia untuk belajar ilmu agama, tidak orang tua, anak muda, anak remaja, semua wajib belajar dan menjalankanya ketika sudah memasuki masa usia baligh. Artinya, kita tidak perlu malu ataupun bergengsi karna sudah dewasa tetap belum bisa menjalankan dan tidak tau tatacaranya. Seperti itulah artikel tentang sholat tahajud yang bisa kami bagikan kepada teman-teman semua, semoga bermanfaat dan terimakash.