Saran 5 Software Untuk Membuat Flowchart Gratis dan Praktis

Bagi seseorang yang sudah mengenal dunia digital, flowchart menjadi hal yang sangat familiar. Bahkan sistem ini dipergunakan untuk memastikan alur dan proses dalam bentuk diagram alir. Sehingga langkah-langkah dan simbol yang disajikannya bisa lebih mudah dibaca orang lain. Kali ini akan dibahas mengenai 5 software untuk membuat flowchart yang bisa digunakan gratis dan lebih praktis.

Flowchart merupakan penggambaran sebuah masalah dari awal sampai akhir. Dalam proses penyajian menu memang tujuannya menjelaskan secara menyeluruh tentang alur kerja sebuah sistem. Jika dulunya data yang disajikan barupa tulisan, saat ini data bisa disajikan dalam bentuk aplikasi. Baik online maupun offline hasil data akan menjadi acuan para pemakainya. Software praktis sesuai saran Nine Tekno adalah sebagai berikut ini.

Daftar 5 Software Untuk Membuat Flowchart

Ada daftar software yang akan membantu kamu dalam menyajikan data secara praktis dan bisa dijalankan gratis. Berikut ini daftar software tersebut.

  1. Microsoft Visio

Software yang dikeluarkan oleh pihak Microsoft ini sangat populer digunakan para pebisnis. Menyediakan tampilan alur kerja serta memudahkan kamu untuk membuat organisasi secara lebih sederhana. Kalangan arsitek juga bisa menggunakan software ini.

Microsoft Visio juga bisa digunakan sebagai media untuk membuat desain teknik serta denah rumah. Pengguna juga bisa mengkoneksikan data yang sudah dibuat dengan flowchart yang telah ada. Pilihan diagram yang ada juga menyediakan tampilan grafik yang cukup mudah untuk dikombinasikan.

  1. yED Graph Editor

Software desktop berikutnya yaitu YED Graph Editor. Tidak hanya bisa dioperasikan dalam sistem Windows, hari ini juga bisa di jalankan memakai platform MacOS dan Linux. Tersaji juga data dalam bentuk manipulatif dan teknik analisis.

Software satu ini juga digunakan untuk membuat diagram swimlane, ERD dan min map. Data yang akan dimasukkan juga bisa di import langsung melalui grafik vektor, sprite sheet Excel dan lainnya. Setiap pemula akan bisa menjalankan mudah software ini karena memang lebih sederhana menunya.

  1. Cacoo

Software yang cukup populer bagi para pengguna flowchart adalah Cacoo. Interfacenya bisa dikatakan sangat sederhana tetapi terdapat banyak fitur yang bisa di akses para pengguna. Terkesan sangat sederhana tetapi alu kerja dalam aplikasi ini penyajiannya begitu bervariasi.

Cacoo menyediakan sejumlah template bisa digunakan untuk membuat kalender, mind map dan diagram venn. Tampilan diagram yang tersaji juga sangat informatif dalam penyajian datanya. Hasil yang sudah kamu buat bisa ditampilkan dalam bentuk vektor, powerPoint ataupun gambar.

  1. SmartDraw

Aplikasi praktis dan gratis berikutnya SmartDraw. Menyediakan tampilan mudah untuk membuat flowchart. Para pengguna bisa lebih memaksimalkan inovasi dalam bentuk penyajian yang sudah terdapat pada fitur lengkapnya.

Keinginan kamu untuk menyimpan hasil flowchart juga sangat mudah. Karena pada software ini sudah menyediakan simpan otomatis folder pribadi, onedrive, dropbox dan Google Drive.

  1. Flowgorithm

Software yang sudah menjadi bagian penting dari para mahasiswa yaitu Flowgorithm. Menjadi software yang paling diminati karena tampilannya sederhana tetapi mudah sekali digunakan. Selain itu ukurannya yang kecil juga tidak akan membuat PC atau laptop lemot.

Menu yang tersedia juga menyediakan beberapa fitur mudah untuk membuat data dengan sajian yang tak kalah keren. Bahkan hasil pengerjaan juga bisa disimpan dalam beberapa jenis file sehingga kamu bisa menyimpannya secara mudah.

Itulah 5 software untuk membuat flowchart yang direkomendasikan bisa kamu gunakan sebagai media dalam menyajikan flowchart. Silahkan memilih software yang bisa kamu pahami, karena fitur dan kegunaan semuanya memang sama fungsinya.