Trik Perawatan Tubuh Untuk Pemulihan Pasca Kuretase

 

Kuretase merupakan suatu prosedur mengenai pengangkatan jaringan tertentu dari dalam rahim. Hal ini biasanya dilakukan setelah pasien mengalami keguguran, aborsi, mengambil sampel jaringan rahim atau mengatasi gangguan rahim. Berikut perawatan tubuh yang baik untuk segera memulihkan pasca kuretase.

Tips Pemulihan Setelah Melakukan Kuretase

  1. Melakukan Gerakan Ringan

Setelah tindakan kuretase dilakukan, sebaiknya anda menggerakkan tubuh dengan perlahan. Anda dapat berdiri dan berjalan dengan perlahan untuk mencegah penggumpalan darah di sekitar kaki. Hal ini juga berguna untuk membuat otot kaki tetap kuat dan meregangkan otot bagian tubuh lainnya.

  1. Jaga Kesehatan Organ Intim

Kuretase akan menjadikan organ intim anda mengalami pendarahan, maka gunakan pembalut yang bersih dan ganti secara berkala. Hindari membilas organ intim anda dengan sabun pembersih, karena dokter akan melarang anda untuk mandi setelah kuretase selama beberapa waktu.

  1. Jangan Berhubungan Intim

Tubuh anda akan mengalami lemas dan kram ringan di sekitar perut. Sebaiknya hindari berhubungan intim untuk beberapa waktu untuk pemulihan pasca kuretase yang optimal. Disarankan untuk anda istirahat total hingga 3 hari setelah kuretase, kemudian dapat menjalankan aktivitas dengan normal.

Demikian beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk cepat pulih setelah melakukan kuretase. Jaga selalu makanan dan minuman anda untuk menunjang kesehatan agar cepat bugar dan beraktivitas kembali. Patuhi anjuran dokter yang ditujukan kepada anda untuk hasil pemulihan yang maksimal.