Indahnya Aneka Wisata Alam di Jawa Timur

Jawa Timur begitu terkenal akan potensi alamnya yang sangat beragam. Tidak mengherankan jika wisata alam di Jawa Timur begitu banyak pilihannya. Mulai dari yang ada di kawasan dataran rendah hingga dataran tinggi. Sebagai opsi untuk berlibur, tentu saja mengunjungi provinsi satu ini adalah pilihan menarik.

Pantai-pantai yang indah, wisata pegunungan dengan panorama memukau, taman nasional, sampai agrowisata dapat Anda jadikan sebagai destinasi wisata yang mengesankan. Apa sajakah pilihan wisata alam di Jawa Timur? Berikut ini ulasan lebih lengkapnya.

Aneka Wisata Alam di Jawa Timur Berupa Pantai

Pilihan tempat wisata alam yang ada di Jawa Timur sangatlah beragam. Pantai merupakan opsi menarik untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa pilihan pantai yang dapat Anda kunjungi.

1. Pantai Papuma

Pantai Papuma berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Jember. Posisi daratannya yang menjorok ke laut juga membuat penduduk sekitar menyebutnya dengan istilah Pantai Tanjung Papuma.

Ciri khas paling ikonik dari pantai ini adalah batu karang besar yang tampak berdiri menjulang serta pasir pantainya yang putih. Hamparan karang yang seolah menyebar di perairan dangkalnya juga begitu sempurna menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas. Destinasi wisata ini juga memiliki bukit hijau yang dapat digunakan untuk melihat lanskap pemandangan dari ketinggian. Lokasi Pantai Klayar berada di Pacitan dengan akses jalanan yang sudah cukup halus sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung.

3. Pantai Pulau Merah

Wisata alam di Jawa Timur selanjutnya adalah Pantai Pulau Merah yang berada di Banyuwangi. Pesona matahari terbenamnya menjadi salah satu incaran para wisatawan. Ombaknya pun cukup besar sehingga wisata yang mirip Pantai Kuta Bali ini juga menjadi favorit para peselancar.

Aneka Wisata Alam Pegunungan di Jawa Timur

Selain pantainya, kawasan pegunungan juga menjadi destinasi menarik sebagai pilihan wisata alam. Ini dia sejumlah opsi tempat wisata alam di pegunungan yang dapat Anda kunjungi.

1. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo termasuk ke wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang secara administratif berada di dua kabupaten, yaitu Malang dan Lumajang. Tempat wisata alam ini berupa danau dengan air yang begitu jernih sehingga wisatawan pun tidak diperkenankan untuk mandi di sekitarnya.

Bagi yang ingin masuk ke wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Anda dapat menyewa kendaraan di rental yang terpercaya. Sewa mobil Surabaya lepas kunci merupakan pilihan menarik agar Anda bisa lebih leluasa pergi ke mana pun.

2. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan salah satu cagar alam yang berada di Taman Wisata Ijen, Banyuwangi. Kawah asam terbesar di dunia ini memiliki kaldera setinggi 500 meter dengan luas area hingga 5.466 hektar. Panorama blue fire merupakan daya tarik utama dari tempat wisata ini.

Memilih sewa mobil Surabaya lepas kunci sebagai sarana akomodasi ke Kawah Ijen juga dapat Anda lakukan. Pastikan pilihan tempat rentalnya kredibel agar rekreasi ke aneka wisata alam di Jawa Timur lancar tanpa kendala apapun.

3. Gunung Bromo

Berlibur ke Jawa Timur rasanya belum komplet tanpa menyambangi Gunung Bromo. Keindahan Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, Padang Savana, hingga desa-desa wisata yang ada di sekitarnya merupakan daya tarik yang utama.

Pelancong juga dapat mendaki puncak atau menuju kawah dengan meniti ribuan anak tangga. Akses anak tangga ini juga sangat ikonik sehingga kerap dijadikan latar belakang untuk berfoto. Panorama matahari terbitnya yang sangat indah juga membuat banyak wisatawan rela mendaki puncak dini hari.

Tentu saja masih banyak lagi pilihan wisata alam di Jawa Timur yang bisa Anda eksplorasi lebih lanjut lagi. Bagaimana, tertarik untuk merencanakan travel itinerary dan liburan ke provinsi satu ini?.